Visi Misi Sekolah


VISI, MISI, DAN TUJUAN SATUAN PENDIDIKAN

 

A. VISI SMP ISLAM TERPADU AL FALAAH SIMO

Visi sekolah merupakan citra moral yang menggambarkan profil sekolah  sebagaimana yang diharapkan di masa mendatang. Untuk itu dalam merumuskan visi sekolahmempertimbangkan karakteristik, kondisi serta potensi yang ada sesuai dengan rencana kebutuhan sekarang dan masa yang akan datang. Lewat analisis SWOT, SMP Islam Terpadu Al Falaah Simo mampu mengidentifikasikan kekuatan dan kelemahan yang ada pada sekolah, untuk selanjutnya kekuatan yang ada diterjemahkan sebagai peluang untuk diberdayakan secara maksimal dan optimal sedangkan kekurangan dan kelemahan yang ditemukan diposisikan sebagai ancaman untuk segera diantisipasi dengan mempersiapkan beberapa alternatif untuk mendapatkan solusi yang tepat dan sebaik-baiknya. Setelah melewati tahapan-tahapan tersebut SMP Islam Terpadu Al Falaah Simo berhasil merumuskan visi, misi slogan dan tujuan sekolah sebagai berikut :

Visi :”Terwujudnya Siswa Yang Religious, Smart, Creative, Competitive’’

Indikator dari visi tersebut adalah :

Religius

1.   Terwujudnya siswa yang beraqidah salimah

2.   Terwujudnya siswa yang beribadah shohihah

3.   Terwujudnya siswa yang berakhlaqul karimah

Smart

1.   Terwujudnya pembelajaran yang efektif, efesien, dan menyenangkan

2.   Terwujudnya peserta didik yang aktif dan kreatif dan memiliki sikap kompetitif

3.   Terwujudnya peserta didik yang berkualitas baik akademis maupun non akademis

Kreatif

1.  Terampil berpidato dan berceramah dalam bidang agama dan bahasa.

2.  Terampil baca tulis Alqur’an.

3.  Terampil di bidang olah raga dan seni

Competitive

1.  Terselenggaranya proses pembelajaran dan bimbingan yang berkualitas dalam rangka mewujudkan keunggulan kompetitive mutu lulusan

2.  Memiliki kemampuan dan daya saing tingkat regional dan nasional

3.  Memiliki karakter kompetitive  dalam prestasi dan persaingan global

 

B. MISI SMP ISLAM TERPADU AL FALAAH SIMO


      Misi adalah tindakan atau upaya untuk mewujudkan visi. Misi merupakan penjabaran visi dalam bentuk rumusan tugas, kewajiban, dan rancangan tindakan untuk mewujudkan visi. Dari rumusan visi SMP Islam Terpadu Al Falaah Simo, misi dapat dijabarkan sebagai berikut:

1.   Meningkatkan karakter siswa yang memiliki kecerdasan mental, spiritual, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

2.   Mewujudkan siswa yang memiliki ibadah yang benar sesuai dengan Salafusshaleh.

3.   Mewujudkan siswa yang berakhlaq karimah, bertanggung jawab dan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan budaya yang mencerminkan profil pelajar pancasila.

4.   Mewujudkan siswa berprestasi yang tinggi baik akademis maupun non akademis.

5.   Mengoptimalkan kegiatan ekstrakurikuler dalam mengembangkan bakat siswa.

6.   Meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi secara berkesinambungan.

7.   Mewujudkan kompetensi lulusan yang cerdas dan kompetitif.

8.   Mewujudkan siswa yang memiliki daya kreatifitas yang tinggi.

9.   Meningkatkan refleksi dan perbaikan pembelajaran oleh guru.

10. Meningkatkan kemampuan dan daya saing siswa di tingkat regional dan nasional.

11. Menyelenggarakan Pembelajaran dalam lingkungan yang aman, nyaman, dan menyenangkan.

12. Mendorong siswa adaptif terhadap teknologi digital.


 C. Tujuan SMP Islam Terpadu Al Falaah Simo


Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan dasar mengacu pada tujuan umum pendidikan  dasar yaitu meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

         Tujuan SMP Islam Terpadu Al Falaah Simo adalah turut serta  mewujudkan  tujuan umum pendidikan  dasar yang mencerminkan nilai-nilai pendidikan karakter, literasi, 4C, dan HOTS yang terimplementasi dalam kurikulum sekolah. Adapaun yang dimaksud dengan pendidikan karakter adalah  usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana serta proses pemberdayaan potensi dan pembudayaan peserta didik guna membangun karakter pribadi atau kelompok yang unik baik sebagai warga negara maupun sebagai individu. Pendidikan karakter berfungsi  untuk mengembangkan potensi dasar seorang anak agar berhati baik, berperilaku baik, serta berpikiran yang baik agar nantinya bisa  memperkuat serta membangun perilaku anak bangsa yang multikultur. Pendidikan karakter di sekolah terimplementasi dalam pilar-pilar pendidikan yang meliputi Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Menghargai Prestasi, Bersahabat/komunikatif, Cinta Damai, Gemar Membaca, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, dan Tanggung Jawab.

 Pendidikan karakter di sekolah yang diimplementasikan pada pendidikan pengembangan diri antara lain; melalui kegiatan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, semisal : pengurus OSIS, Pramuka, PMR, PKS, KIR, Olahraga, Seni, Keagamaan dan lainnya. Kegiatan ekstrakurikuler ini sangat menyentuh, mudah dipahami, dan dilakukan siswa sebagai bagian penyaluran minat yang dapat dikembangkan sebagai perwujudan pendidikan karakter bangsa.

Sementara  Literasi Sekolah adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/ atau berbicara.

Tujuan umum Literasi Sekolah adalah untuk menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah yang diwujudkan dalam Gerakan Literasi Sekolah agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Sedangkan tujuan khususnya adalah untuk menumbuhkembangkan budaya literasi di sekolah, meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan sekolah agar literat, menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah  agar warga sekolah mampu mengelola pengetahuan, serta menjaga keberlanjutan pembelajaran dengan menghadirkan beragam buku bacaan dan mewadahi berbagai strategi membaca.

Keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) adalah keterampilan yang sesungguhnya ingin dituju oleh Kurikulum 2013. Bukan sekadar transfer materi, tetapi pembentukan 4C. Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di saat dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting. Empat C adalah  jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat daripada sekadar pengusaan hardskill.

 Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.

Tujuan SMP Islam Terpadu Al Falaah Simo bermuara pada terwujudnya pelajar pancasila yaitu pelajar Indonesia yang merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten dan memiliki karakter sesuai nilai-nilai pancasila yang terangkum dalam enam dimensi profil pelajar pancasila. Enam dimensi tersebut adalah beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong-royong, kreatif, bernalar kristis, dan mandiri.

Secara khusus, sesuai dengan misi sekolah, tujuan SMP Islam Terpadu Al Falaah Simo adalah sebagai berikut :

1.      Menghasilkan peserta didik yang berkepribadian baik berdasarkan nilai agama dan nilai sosial budaya bangsa.

2.      Menghasikan peserta didik yang tangguh menghadapi berbagai permasalahan individual maupun sosial dengan pemecahan yang menggunakan cara berpikir logis dan rasional.

3.      Menghasilkan peserta didik yang mampu melaksanakan ibadah sesuai dengan aturan pasa salafusshaleh.

4.      Menghasilkan peserta didik yang memiliki pemahaman menyeluruh tentang pedoman-pedoman dalam beribadah sesuai tuntunan salafussaleh.

5.      Menghasilkan peserta didik yang mempunyai akhlak terpuji sesuai dengan norma agama dan norma masyarakat.

6.      Menghasilkan peserta didik yang mampu mengambil tanggung jawab serta ikut berpatisipasi aktif dalam kegiatan kemasyarakatan dengan berpegang pada aturan agama dan masyarakat yang sesuai ajaran agama.

7.      Menghasilkan lulusan yang mempunyai prestasi Ujian Sekolah dengan rata-rata minimal 8,00 dan Tingkat kelulusan 100%.

8.      Menghasilkan peserta didik yang berprestasi dalam bidang akademik, berhasil masuk 10 besar di tingkat kabupaten dan provinsi.

9.      Menghasilkan peserta didik yang berprestasi dalam bidang nonakademik, minimal masuk 10 besar di tingkat kabupaten dan provinsi.

10.      Terwujudnya pembelajaran yang efektif, aman, nyaman dan menyenangkan.

11.      Terwujudnya tertib administrasi pembelajaran dan penilaian.

12.      Menghasilkan peserta didik yang mampu memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai di lingkungan sekitar menjadi sesuatu yang bermanfaat.

13.      Menghasilkan peserta didik yang unggul dalam bidang desain grafis.

 


Posting Komentar untuk "Visi Misi Sekolah"