VISI, MISI, DAN TUJUAN SATUAN PENDIDIKAN
A. VISI SMP ISLAM TERPADU AL FALAAH SIMO
Visi
sekolah merupakan citra moral yang menggambarkan profil sekolah sebagaimana yang diharapkan di masa
mendatang. Untuk itu dalam merumuskan visi sekolahmempertimbangkan
karakteristik, kondisi serta potensi yang ada sesuai dengan rencana kebutuhan
sekarang dan masa yang akan datang. Lewat analisis SWOT, SMP Islam Terpadu Al
Falaah Simo mampu mengidentifikasikan kekuatan dan kelemahan yang ada pada
sekolah, untuk selanjutnya kekuatan yang ada diterjemahkan sebagai peluang
untuk diberdayakan secara maksimal dan optimal sedangkan kekurangan dan
kelemahan yang ditemukan diposisikan sebagai ancaman untuk segera diantisipasi
dengan mempersiapkan beberapa alternatif untuk mendapatkan solusi yang tepat
dan sebaik-baiknya. Setelah melewati tahapan-tahapan tersebut SMP Islam Terpadu
Al Falaah Simo berhasil merumuskan visi, misi slogan dan tujuan sekolah sebagai
berikut :
Visi
:”Terwujudnya Siswa Yang Religious, Smart, Creative, Competitive’’
Indikator dari
visi tersebut adalah :
Religius
1.
Terwujudnya
siswa yang beraqidah salimah
2.
Terwujudnya
siswa yang beribadah shohihah
3.
Terwujudnya
siswa yang berakhlaqul karimah
Smart
1.
Terwujudnya
pembelajaran yang efektif, efesien, dan menyenangkan
2.
Terwujudnya
peserta didik yang aktif dan kreatif dan memiliki sikap kompetitif
3.
Terwujudnya
peserta didik yang berkualitas baik akademis maupun non akademis
Kreatif
1. Terampil berpidato dan berceramah dalam bidang
agama dan bahasa.
2. Terampil baca tulis Alqur’an.
3. Terampil di bidang olah raga dan seni
Competitive
1. Terselenggaranya proses pembelajaran dan
bimbingan yang berkualitas dalam rangka mewujudkan keunggulan kompetitive mutu
lulusan
2. Memiliki kemampuan dan daya saing tingkat
regional dan nasional
3. Memiliki karakter kompetitive dalam prestasi dan persaingan global
B. MISI SMP ISLAM TERPADU AL FALAAH SIMO
Misi adalah tindakan atau
upaya untuk mewujudkan visi. Misi merupakan penjabaran visi dalam bentuk
rumusan tugas, kewajiban, dan rancangan tindakan untuk mewujudkan visi. Dari
rumusan visi SMP Islam Terpadu Al Falaah Simo, misi dapat dijabarkan sebagai
berikut:
1. Meningkatkan
karakter siswa yang memiliki kecerdasan mental, spiritual, beriman dan bertaqwa
kepada Allah SWT.
2. Mewujudkan
siswa yang memiliki ibadah yang benar sesuai dengan Salafusshaleh.
3. Mewujudkan
siswa yang berakhlaq karimah, bertanggung jawab dan menjunjung tinggi
nilai-nilai agama dan budaya yang mencerminkan profil pelajar pancasila.
4. Mewujudkan
siswa berprestasi yang tinggi baik akademis maupun non akademis.
5. Mengoptimalkan
kegiatan ekstrakurikuler dalam mengembangkan bakat siswa.
6. Meningkatkan kemampuan
literasi dan numerasi secara berkesinambungan.
7. Mewujudkan kompetensi lulusan
yang cerdas dan kompetitif.
8. Mewujudkan siswa yang memiliki
daya kreatifitas yang tinggi.
9. Meningkatkan refleksi dan
perbaikan pembelajaran oleh guru.
10. Meningkatkan
kemampuan dan daya saing siswa di tingkat regional dan nasional.
11. Menyelenggarakan
Pembelajaran dalam lingkungan yang aman, nyaman, dan menyenangkan.
12. Mendorong siswa adaptif
terhadap teknologi digital.
Tujuan
pendidikan tingkat satuan pendidikan dasar mengacu pada tujuan umum
pendidikan dasar yaitu meletakkan dasar
kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk
hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Tujuan SMP Islam Terpadu Al Falaah
Simo adalah turut serta mewujudkan tujuan umum pendidikan dasar yang mencerminkan nilai-nilai
pendidikan karakter, literasi, 4C, dan HOTS yang terimplementasi dalam
kurikulum sekolah. Adapaun yang dimaksud dengan pendidikan karakter adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan
suasana serta proses pemberdayaan potensi dan pembudayaan peserta didik guna
membangun karakter pribadi atau kelompok yang unik baik sebagai warga negara
maupun sebagai individu. Pendidikan karakter berfungsi untuk mengembangkan potensi dasar seorang
anak agar berhati baik, berperilaku baik, serta berpikiran yang baik agar
nantinya bisa memperkuat serta membangun
perilaku anak bangsa yang multikultur. Pendidikan karakter di sekolah
terimplementasi dalam pilar-pilar pendidikan yang meliputi Religius, Jujur,
Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin
Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Menghargai Prestasi,
Bersahabat/komunikatif, Cinta Damai, Gemar Membaca, Peduli Lingkungan, Peduli
Sosial, dan Tanggung Jawab.
Pendidikan karakter di sekolah yang
diimplementasikan pada pendidikan pengembangan diri antara lain; melalui
kegiatan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, semisal : pengurus OSIS, Pramuka,
PMR, PKS, KIR, Olahraga, Seni, Keagamaan dan lainnya. Kegiatan ekstrakurikuler
ini sangat menyentuh, mudah dipahami, dan dilakukan siswa sebagai bagian
penyaluran minat yang dapat dikembangkan sebagai perwujudan pendidikan karakter
bangsa.
Sementara Literasi Sekolah adalah kemampuan mengakses,
memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas,
antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/ atau berbicara.
Tujuan umum
Literasi Sekolah adalah untuk menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik
melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah yang diwujudkan dalam Gerakan
Literasi Sekolah agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat.
Sedangkan
tujuan khususnya adalah untuk menumbuhkembangkan budaya literasi di sekolah,
meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan sekolah agar literat, menjadikan
sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah agar warga sekolah mampu mengelola
pengetahuan, serta menjaga keberlanjutan pembelajaran dengan menghadirkan
beragam buku bacaan dan mewadahi berbagai strategi membaca.
Keterampilan
abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical
Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) adalah
keterampilan yang sesungguhnya ingin dituju oleh Kurikulum 2013. Bukan sekadar
transfer materi, tetapi pembentukan 4C. Beberapa pakar menjelaskan pentingnya
penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di
saat dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan
abad 21 sangat penting. Empat C adalah jenis
softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat daripada
sekadar pengusaan hardskill.
Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah
kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif
yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut
materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik
mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah
dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi
aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan
berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi
merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.
Tujuan SMP
Islam Terpadu Al Falaah Simo bermuara pada terwujudnya pelajar pancasila yaitu
pelajar Indonesia yang merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten dan
memiliki karakter sesuai nilai-nilai pancasila yang terangkum dalam enam
dimensi profil pelajar pancasila. Enam dimensi tersebut adalah beriman,
bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global,
bergotong-royong, kreatif, bernalar kristis, dan mandiri.
Secara
khusus, sesuai dengan misi sekolah, tujuan SMP Islam Terpadu Al Falaah Simo
adalah sebagai berikut :
1. Menghasilkan
peserta didik yang berkepribadian baik berdasarkan nilai agama dan nilai sosial
budaya bangsa.
2. Menghasikan
peserta didik yang tangguh menghadapi berbagai permasalahan individual maupun
sosial dengan pemecahan yang menggunakan cara berpikir logis dan rasional.
3. Menghasilkan
peserta didik yang mampu melaksanakan ibadah sesuai dengan aturan pasa
salafusshaleh.
4. Menghasilkan
peserta didik yang memiliki pemahaman menyeluruh tentang pedoman-pedoman dalam
beribadah sesuai tuntunan salafussaleh.
5. Menghasilkan
peserta didik yang mempunyai akhlak terpuji sesuai dengan norma agama dan norma
masyarakat.
6. Menghasilkan
peserta didik yang mampu mengambil tanggung jawab serta ikut berpatisipasi
aktif dalam kegiatan kemasyarakatan dengan berpegang pada aturan agama dan
masyarakat yang sesuai ajaran agama.
7. Menghasilkan
lulusan yang mempunyai prestasi Ujian Sekolah dengan rata-rata minimal 8,00 dan
Tingkat kelulusan 100%.
8. Menghasilkan
peserta didik yang berprestasi dalam bidang akademik, berhasil masuk 10 besar
di tingkat kabupaten dan provinsi.
9. Menghasilkan
peserta didik yang berprestasi dalam bidang nonakademik, minimal masuk 10 besar
di tingkat kabupaten dan provinsi.
10. Terwujudnya
pembelajaran yang efektif, aman, nyaman dan menyenangkan.
11. Terwujudnya
tertib administrasi pembelajaran dan penilaian.
12. Menghasilkan
peserta didik yang mampu memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai di
lingkungan sekitar menjadi sesuatu yang bermanfaat.
13. Menghasilkan
peserta didik yang unggul dalam bidang desain grafis.
Posting Komentar untuk "Visi Misi Sekolah"